Monday, May 13, 2013

Linux?? Gue banget





Malem sob.. mau sedikit curhat nih sebelum tidur.. curhat tentang sistem operasi yang dikenal dengan logo pinguin. yahh baha umummnya sih Linux.
Linux apa Unix sih? menurut saya sih sama aja.. sama-sama Open Source.

Sob, sebenernya udah lumayan lama juga tau linux, dulu tu pertama kali tau linux di tempat nongkrong sekaligus tempat numpang pinjem perangkat komputer waktu jaman-jaman MTs. Tepatnya di PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) mendengar sekilas tentang linux sih waktu itu.. sistem operasi yang gak pernah kena virus, terus install nya 4 CD gitu. beda sama windows, dulu tu kalau gak salam masih jaman-jamannya Windows Xp. yang installer nya cuma 1 CD. yahh cuma tau doang gak sempet install..hehe maklum belum ada perangkat komputer..

cerita SMA? Skip
Cerita Kuliah? nah ini yang mau diceritain..
langsung aja ke cerita yang ada linux nya yah... soalnya cerita kuliah gak menarik sob..hehe
tau linux tu pertama kali masuk kuliah ya dari temen sekelas, sebut saja Dwiyan Galuh, kalau mau tau siapa itu Dwiyan, cari aja unik namenya di google "wajatmaka" tanpa tanda kutip. pasti keluar....

yaap, saya berkenalan dengan linux dari tu orang.. dulu tu kebetulan dia pake Ubuntu kalau sekarang sih dia udah hardcore distro nya.. pake slackware sob.. dulu tu dia nunjukin linux dengan Compiz nya.. banyak animasi gitu sob.. kan menarik, terus keliatan keren gituu. jadi pengen, terus coba download.. ini yang paling berkesan, saking pengen coba install saya relain nginep di warnet komplek demi iso installer ubuntu.. dengan ngerelain anggaran jajan demi sewa paket warnet.. hiks..

setelah beres, ya cuma bisa install di under windows gitu karena komputernya punya tante jadi takut-takut gitu.., gak dual boot. jadi ubuntu nya tu nyatu sama windows.. terus pas di cobain efek nya ehh gak bisa.. ya maklum cuma tau donwload sama install doang...

seklias perkenalan ane seperti itu tentang linux..
selain di install di komputer tante, saya juga pernah install ubuntu di laptop pacar namanya Mita Puspita.. ya tapi gagal.. hiks.. :(
sumpah tu cewe penyelamat di semester 1 dan 2. dia relain laptopnya di obrak abrik sama si sayah... baik banget dehh.. hehe

nah pada semester 1 dan 2 saya ikut kumpul sama komunitas linux kampus gitu.. namanya KLIK. saya berkenalan banyak dengan pengguna linux.. pendirinya juga saya kenal.. dan salah satu tokoh yang masuk daftar favorit saya.. namanya Azuwir Azzurri saya terkesan ketika berpresentasi kalau jadi pembicara.. terus saya juga berkenalan dengan teman yang emang udah kenal banget sama linux, namanya Teguh dia sekarang jadi Security Researcher gitu.. gw juga suka kunjungin blog tu orang..

pada akhirnya saya punya yang namanya laptop di semester 3.. yahh pertama kalai beli sistem operasinya WIndows 7 gituuh... nah secara gak sengaja saya ketemu si Teguh di cafe net gitu.. terus ngobrol-ngobrol ehh kepincut pake linux.. dulu saya masuk kedalam pilihan yang salah.. saya pake BackTrack.. biar kaya hekel gitu.. tapi ya gitu.. gak tau basic, cuma bisa nyalain doang.. terus cuma bisa edit grub doang..hahha parah...

stuck dehh pake linux, gak lagi-lagi..
selama 1 semester saya coba dalemin tu yang namanya web programming.. dan cukup banyak kenalan sama developer.. naha yang bikin saya bingung, rata-rata mereka pake Linux.. bukan rata-rata lagi, hampir semuanya.. yang mulai lagi deh gairah pake linuxnya keluar.. ditambah beberapa bulan terakhir saya ingin coba belajar yang namanya Ruby on Rails.. yang diharuskan pake Linux supaya konfigurasinya gak susah..

saya coba belajar perlahan dari Distro linux yang paling manusiawi.. Ubuntu..
dari ubuntu saya beralih ke Fedora, dari fedora saya coba pake Slackware, ternyata di slackware ilmu dasar linux saya belum cukup.. akhirnya saya kembali ke Fedora.. sampai sekarang.. :)
Saya cuma pake Windows di Virtual. dan OS nya satu, ya Fedora.. hehe

Kenapa tulisannya saya kasih judul "Linux? Gue banget" karena Linux atau Unix, mengajarkan cara berfikir kita lebih sederhana. lebih luas..

yang bisa membuat saya berfikir seperti itu, ya dari instalasi dan konfigurasi.. semunya dimulai dari terminal. kalau di windows saya mulai dengan Double click. Interface windows yang membut jalan fikir saya sempeti.. kalau suatu program tu gak bisa di apa-apain..

nah kalau di linux, installasi dan konfigurasi dimulai dari terminal dan dalam bentuk text, konfigurasi pun kita mengatur rule yang adalam sebuah file. jadi ya pokoknya seru deh.. membuah berfikir kita lebih mudah praktis.. walau kata orang ribet.. tapi kalau anda gammer, jangan paksain pake linux deh.. karena gak semua support game walaupun ada yang namanya Wine.

selain itu juga, pake sistem operasi tanpa lisesnsi halal.. ibaratnya kita gak melakukan pebajakan atau pemakaian ilegal, seperti kita pake linux.

Windows merupakan karya yang komersil, developernya di gaji untuk menciptakan inovasi baru..
sedangkan linux, dibuat dan dilepas secara bebas, dibuat bersama-sama untuk dipakai bersama-sama..

selain itu juga, ketika kita menggunakan linux, kita bisa bebas menggunaka Desktop Environment yang dapat kita atur sedemikian rupa agar pada saat menggunakan kita merasa nyaman dan gak mau pindah pindah..

ini penampakan Fedora saya, menggunakan OpenBox..


itu penampakannya.. karena saya menyukai hal yang sederhana.. saya buat desktop saya se sederhana mungkin.. demikian sesi curhat saya.. semoga bisa bermanfaat.. maaf kalau alurnya gak pada nyambung..hehe

=================================================